Manfaat Berikut Harga Jual Garam Himalaya

Selama beberapa waktu terakhir, garam Himalaya mendadak menjadi primadona. Banyak sekali yang jual garam tersebut dengan harga variatif. Garam Himalaya diyakini memiliki segudang manfaat yang lebih baik dibandingkan dengan jenis garam lainnya. Apa saja kelebihan dari garam Himalaya? Mengapa popularitasnya begitu menanjak dan dibanderol jauh lebih mahal? Berikut ulasan lengkapnya.

Mengenal Asal Usul Garam Himalaya

Sebagaimana sebutannya, garam Himalaya diklaim berasal dari Gunung Himalaya. Fakta ini mungkin sedikit membingungkan mengingat garam biasanya diproduksi pada area pesisir pantai. Kristalisasi garam Himalaya terjadi di area 1,5 km bawah Pegunungan Himalaya yang kemudian disebut sebagai Khewra Salt Mine. Lokasi tepatnya berada di wilayah Pakistan, sekaligus menjadi pertambangan garam terbesar kedua di dunia.

Proses kristalisasi garam Himalaya berlangsung secara alami, hanya dengan sedikit campur tangan manusia, namun tidak membutuhkan tambahan bahan kimia apa pun. Tidak mengherankan bila kemudian garam Himalaya disebut sebagai garam termurni di dunia. Sebab, garam biasa umumnya ditambahkan zat anti penggumpalan tanpa memedulikan fakta komposisit tersebut mengurangi kemurnian dan khasiat garam.

Selain karena melalui proses serta memiliki kandungan yang benar-benar alami, garam Himalaya juga didatangkan ke Indonesia sebagai produk impor. Sehingga, tidak mengejutkan bila garam tersebut memiliki harga jual garam mencapai sepuluh kali lipat lebih mahal dibandingkan dengan garam biasa, terutama garam lokal. Garam Himalaya juga memiliki karakteristik yang unik, yakni berwarna merah muda.

Khasiat-khasiat Garam Himalaya

Mempertimbangkan kemurnian serta banderol harga yang tinggi, garam Himalaya tidak akan menjadi begitu populer seperti saat ini bila tidak memiliki beragam manfaat. Inilah khasiat-khasiat dari pemakaian garam Himalaya :

1)      Detoksifikasi Racun

Kandungan mineral dari garam Himalaya sangat tinggi dan beragam. Melalui kandungan tersebut, varian garam impor ini dapat membantu proses detoksifikasi tubuh dari racun-racun yang terlanjur terserap. Dengan mengeluarkan racun-racun tersebut, maka tubuh akan menjadi lebih sehat. Hal ini baik, terutama bagi para penderita penyakit komplikasi dengan kemampuan regenerasi sel yang rendah.

2)      Anti Oksidan Untuk Kecantikan

Selain berperan sebagai media detoksifikasi racun, garam Himalaya juga berkhasiat sebagai anti oksidan alami yang menangkal radikal bebas penyebab kerusakan kulit. Dengan pemakaian rutin garam Himalaya, kulit yang dimiliki akan menjadi lebih sehat, halus, dan juga lembut.

3)      Menuntaskan Permasalahan Bau Badan

Dengan menambahkan beberapa bahan lain seperti air suling dan minyak esensial, garam Himalaya dapat membantu untuk mengatasi permasalahan bau badan menyengat secara alami. Bahan-bahan yang dibutuhkan hanya perlu dicampur hingga berbentuk cair, kemudian dimasukkan ke dalam botol semprot untuk digunakan sebelum beraktivitas. Hal ini berkat kemampuan garam Himalaya menyerap keringat.

4)      Menjaga Cadangan Cairan Serta pH Tubuh

Garam Himalaya memiliki kandungan elektrolit yang dapat menjaga kadar cairan dalam tubuh tetap stabil. Dengan demikian, tubuh tidak akan mengalami risiko dehidrasi. Selain itu, garam ini juga dapat menjaga keseimbangan pH atau keasaman tubuh. Jika pH tidak terkontrol maka risiko terjangkit kanker akan lebih tinggi akibat kurangnya kemampuan dalam menangkal dan menetralisir racun.

5)      Baik Untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes rentan mengalami infeksi sebagai salah satu efek penyakit tersebut. Luka yang muncul acap kali membutuhkan waktu yang lama untuk penyembuhan. Hal tersebut dapat diatasi menggunakan garam Himalaya yang memiliki kandungan anti inflamasi atau anti peradangan. Garam Himalaya tersebut dapat membantu mempercepat pemulihan luka maupun yang terlanjur menjadi infeksi.

Dengan segudang manfaat sebagaimana telah dijabarkan di atas, tidak mengherankan bila harga jual garam Himalaya sangat tinggi.

Cara Menggunakan Garam Himalaya

Mengingat garam Himalaya merupakan variasi garam yang baru populer di Indonesia, maka masih banyak yang mengalami kebingungan bagaimana cara untuk mendapatkan manfaat dari garam tersebut. Inilah cara-cara menggunakan garam yang memiliki tekstur mirip garam grosok tersebut :

§  Diminum

Anda mungkin mengernyitkan dahi bila seseorang mengatakan untuk meminum garam Himalaya. Maksud diminum di sini bukanlah meminumnya langsung sebagai larutan air garam seperti yang dilakukan untuk menangani diare. Anda hanya menambah sari garam Himalaya atau yang dikenal dengan sebutan Brine Water. Pembuatannya sangat mudah.

Siapkan botol atau wadah tertutup yang terbuat dari kaca atau plastik. Pastikan bukan logam karena bahan tersebut dapat mengubah struktur garam Himalaya. Larutkan garam dengan air secukupnya, kemudian simpan untuk mendapatkan sarinya selama minimal 1 x 24 jam. Bila ingin mengonsumsinya, tambahkan satu sendok teh Brine Water ke dalam segelas air.

§  Larutkan Untuk Berendam

Cara lain menggunakan garam Himalaya adalah dengan melarutkannya pada air mandi lalu digunakan untuk berendam. Selain memberikan efek relaksasi pada tubuh, metode ini efektif untuk proses regenerasi sel-sel mati pada kulit. Bila tidak ingin berendam seluruh tubuh, Anda dapat merendam bagian kaki saja sebagai titik refleksi vital yang ampuh mengusir pegal-pegal.

§  Bumbu Masakan

Jika menilik harga jual garam Himalaya, maka akan sangat disayangkan bila tidak dapat diolah sebagai bumbu masakan. Meskipun tekstur dari garam ini mirip garam krosok dengan butiran kristal besar, namun tingkat kemurniannya yang mencapai 97% sehingga garam Himalaya aman untuk langsung ditambahkan sebagai bumbu masakan. Rasa asinnya yang dihasilkan pun lebih stabil.

Polemik Garam Himalaya Sebagai Produk Impor

Sebagaimana telah disinggung di atas bahwa garam Himalaya merupakan komoditas impor yang didatangkan dari Pakistan. Sebagai produk impor, kehadirannya tentu berpengaruh pada permintaan terhadap garam lokal sehingga sebagian petani garam di Indonesia bersikukuh menolak produk garam ini beredar. Tetapi hal tersebut sebenarnya tidak perlu menjadi polemik.

Sebab, dapat dilihat dari banderol harganya saja, garam Himalaya dijual jauh lebih mahal dibandingkan garam lokal. Target pasarnya sudah berbeda. Meskipun masih dalam range harga terjangkau, namun tidak semua kalangan lantas menjadi tertarik. Ditambah lagi, garam Himalaya tidak dijual secara bebas di toko-toko, mayoritas melalui metode online.

Mewaspadai Kecurangan Garam Himalaya Palsu

Dengan tingginya terhadap garam Himalaya, beberapa oknum tidak bertanggung jawab kemudian memanfaatkan momentum dengan menjual produk palsu. Dengan culasnya mereka mengakali garam grosok dengan tekstur yang mirip supaya memiliki tampilan selayaknya garam Himalaya asli dengan menambahkan zat pewarna di mana terkadang juga bukan terbuat dari pewarna makanan melainkan pewarna tekstil.

Tindak kecurangan demi mengeruk keuntungan tinggi seperti demikian tentu sangat merugikan konsumen, baik dari segi materiil maupun risiko gangguan kesehatan. Sebab itu, Anda harus berhati-hati saat melakukan transaksi pembelian garam Himalaya. Selain itu, setelah membeli, Anda harus memeriksa dulu dengan mencoba melarutkan garam pada segelas air menggunakan gelas kaca.

Bila garam larut tanpa timbul jejak pewarna pada dinding gelas, maka bisa dipastikan bahwa garam Himalaya tersebut asli. Karena, baik menggunakan pewarna makanan maupun pewarna tekstil, jejaknya pasti akan tampak. Jika Anda tidak ingin tertipu oleh oknum yang jual garam Himalaya palsu, silakan hubungi Zaenal Arifin di nomor 081-222-44-360.    

 

Baca Juga Menengok Usaha Garam Krosok Di Indonesia