Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Ingin Mencoba Peluang Bisnis Jual Garam

Jika kita membahas tentang garam, tentu saja tidak akan ada habisnya. Mengingat garam sendiri merupakan salah satu kebutuhan pokok. Karena garam ini adalah bahan dapur yang mana memberikan nilai gizi dan memberikan rasa lezat untuk masakan. Namun bukan tentang garam untuk bahan makanan yang akan kita bahas, melainkan bisnis garam yang ada di Indonesia. Mengingat sekarang ini ada banyak pihak yang jual garam untuk memenuhi kebutuhan akan konsumen. Salah satu garam yang banyak diminati masyarakat sendiri adalah garam dapur atau garam krosok, dimana permintaannya semakin tinggi.

Peluang bisnis garam krosok di Indonesia juga cukup besar, namun untuk memulai sebuah bisnis garam dapur juga cukup sederhana. Bahkan modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar, namun untuk hasil yang didapatkan bisa dibilang cukup besar. Bahkan bisa sampai dengan ratusan juta rupiah di setiap tahunnya. Garam ini sendiri memang bukan lagi menjadi suatu hal yang sepele, dengan demikian keberadaan dari garam patut untuk diperhitungkan. Selain itu karena kebutuhan dari garam semakin meningkat di pasaran.

Jika Anda berniat ingin mencoba peluang bisnis jual garam, maka ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan. Lalu apa saja yang harus diperhatikan dalam memulai bisnis garam tersebut? Berikut adalah beberapa di antaranya:

Ketersediaan Modal
Sebuah hal utama yang mana harus dipersiapkan pada saat akan mulai membangun bisnis garam tersebut tentu saja ketersediaan dari modal usaha yang memadai. Begitupula di dalam memulai bisnis garam krosok beryodium. Meskipun membutuhkan modal yang tidak terlalu banyak, namun tentu saja tidak bisa disepelekan begitu saja. Di dalam bisnis garam sendiri, modal yang dibutuhkan tentu saja tergantung dengan tingkatan dari level bisnis yang akan dijalankan. Dan untuk menjadi seorang pemasok garam, tentu saja membutuhkan modal yang cenderung lebih besar. Namun jika Anda ingin menjadi distributor garam, modal yang dibutuhkan tentu saja akan lebih rendah. Jadi jika memang Anda masih mempunyai modal yang sedikit, akan jauh lebih baik jika Anda menjadi distributor leibih dulu. Ada banyak sekali keuntungan yang mana akan didapatkan dari mejadi seorang distributor garam. Selain modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, dan nantinya Anda hanya cukup bekerjasama dengan pemasok garam dengan skala besar.

Memilih Lokasi Strategis
Kemudian lokasi untuk jual garam juga perlu Anda perhatikan, pastikan Anda memilih lokasi yang strategis. Karena antinya kan mempermudah Anda di dalam transportasi dari pengiriman barang unuk menuju ke lokasi. Sehingga Anda harus memilih lokasi yang mana dekat dengan jalan raya serta akses jalan yang lebih mudah. Nantinya Anda bisa menyewa ruko aaupun rumah yang dapat dijadikan sebagai sebuah lokasi penyimpanan barang. Selain itu pastikan juga Anda membuat tempat penyimpanan garam tersebut secara benar sehingga nantinya garam bisa lebih awet.

Menjalin Kerjasama Dengan Suplier Skala Besar
Dan untuk bisa mendapatkan produk garam dengan kualitas serta harga yang baik, tentu saja Anda harus dapat menjalin kerjasama dengan sebuah suplier dengan skala cukup besar. Sehingga nantinya Anda bisa mendapatkan produk garam krosok dengan harga yang lebih murah namun kualitasnya masih terjamin. Dengan demikian keuntungan yang bisa Anda dapatkan juga tidak sedikit. Di dalam bisnis satu ini, memang belum terlalu banyak pelaku bisnis dengan skala besar yang berkecimpung. Dengan demikian Anda harus bisa memilih seorang suplier secara berhatti – hati. Pastikan juga suplier yang dipilih sudah memiliki asal usul yang jelas. Dan yang terpenting adalah sudah mempunyai izin usaha secara resmi.

Pilih Bahan Baku Berkualitas
Untuk pelaku usaha yang masih ada di tingkat distributor, tentu saja tidak terlalu dipusingkan untuk memilih sebuah bahan baku berkualitas. Karena nantinya hanya perlu mengambil bahan dari pabrik atau pemasok yang sudah terpercaya. Namun untuk Anda yang memang berinat membuka bisnis jual garam sebagai pemasok, tentu saja harus membuat beberapa daftar yang cukup panjang di dalam memiih bahan bakunya, pastikan berkualitas. Dan seperti yang sudah kita ketahui, kualias dari garam yang diproduksi di Indonesia memiliki kualitas yang masih di bawah garam impor. Jadi sangat penting untuk memilih bahan baku dengan kualitas yang baik, agar nantinya garam yang dihasilkan juga berkualitas baik.

Karyawan Yang Berpengalaman
Di dalam bisnis garam krosok ini, pengalaman kerja memang sangat penting, terlebih lagi jika ingin membuka bisnis garam dengan skala besar. Tentu saja Anda juga membutuhkan karyawan dengan jumlah yag cukup banyak. Sehingga pada saat melakukan perekrutan, tentu saja karyawan yang perlu dipilih sudah memiliki pengalaman yang baik. Karena memang tidak semua orang mempunyai keahlian di dalam membuat garam.

Sarana Dan Prasarana Memadai
Salah satu kebutuhan yang perlu untuk dipersiapkan dengan baik adalah sarana dan juga prasarana yang memadai. Mulai dari peralatan dari proses pengolahan sampai dengan pengepakannya. Hal tersebut memang sangat perlu untuk dimiliki. Tujuannya sendiri adalah untuk mempermudah Anda di dalam memproduksi garam yang mana akan dibuat. Jika memang Anda mempunyai bahan baku berlimpah, tetapi terkendala dengan alat yang tidak lengkap, tentu saja akan membuat produksi menjadi terhambat. Jadi nantinya Anda bisa jual garam dengan kualitas yang baik dan juga tepat sasaran.

Menentukan Harga Jual Garam
Harga jual dari produk garam krosok bisa dibilang menjadi senjata untuk bisa menarik para agen dan juga distributor. Oleh karena itu harga jual yang mana ditentukan tentu saja harus sesuai dengan biaya dari produksi yang sudah dikeluarkan. Dan semakin banyak produk yang dapat dibuat di dalam satu kali produksi tentu saja bisa membuat harga jualnya semakin murah. Dan hal tersebut akan menjadi sebuah daya tarik tersendiri untuk setiap agen dan juga distributor yang berniat untuk bergabung.

Mengkalkulasikan Pengeluaran Dan Pemasukan
Selain itu Anda juga harus mengkalkulasikan secara teliti dari semua jeis pengeluaran serta pemasukannya. Untuk Anda yang mana baru pertama kali terjun di dalam bisnis garam krosok ini tnetu saja harus mempunyai perhitungan kalkulasi yang tepat. Sehingga Anda bisa melakukan pencatatan dengan teliti di semua pemasukan serta pengeluaran yang ada. Tujuannya adalah agar keuntungan maupun kerugian yang akan didapatkan bisa dihitung secara jelas.

Bicara tentang bisnis garam krosok, sekarang ini memang di Indonesia memiliki peluang yang cukup besar. Dan untuk Anda yang memang sedang ingin memulai sebuah bisnis garam tersebut, maka Anda bisa memperhatikan beberapa hal di atas. Dengan demikian tentu saja nantinya bisnis yang Anda jalankan akan jauh lebih maksimal. Dan jika memang Anda sedang ingin mencari distributor atau suplier garam krosok di Indonesia, maka tak perlu khawatir dan juga bingung. Karena Anda bisa mencoba untuk menghubungi Zaenal Arifin dimana merupakan seorang distributor dan supplier garam krosok berkualitas. Anda bisa menghubungi di nomor 08122244360, jadi nantinya Anda bisa mulai untuk mulai jual garam dan bisnis garam tersebut.

 

Baca Juga Kenapa Harga Garam Di Indonesia Rendah